K-Map Software

Merasa kenalkah dengan gambar dibawah ini ???


(sumber gambar : en.wikipedia.org/wiki/Karnaugh_map)

Untuk siswa STM dan Mahasiswa jurusan Elektro tentunya mengenal gambar di atas ^^. Karnaugh Map atau K-Map merupakan salah satu metoda untuk menyederhakan ekspresi logika aljabar Boolean. Kalau ngomongin K-Map tentunya juga akan nyangkut-nyangkut yang namanya SOP (Sum of Product) dan POS (Product of Sum) dan beberapa parameter lainnya. Akan tetapi, disini tidak akan dibahas tentang tutorial K-Map. Terus apa dong???


Sedikit cerita di masa lalu ketika masih kuliah dan mendapatkan materi ini di kuliah elektronika digital. Tentunya K-Map ini biasanya keluar di ujian (UTS atau UAS ya?? udah lupa), tentunya kita harus belajar dan berlatih agar nantinya ketika ujian kita mampu menjawabnya kan? Nah, pada saat proses latihan itulah (terutama ketika latihannya di rumah), terkadang merasa tidak yakin akan jawaban yang kita hasilkan. Lalu bagaimana cara mengeceknya?? pada saat itu tentunya bertanya ke dosen ketika bertemu kembali di kuliahnya. Ya itulah cerita masa lalu ku, yang nge-net kalo mau nyari data dan Frindster-an (waktu itu belum ada FB ataupun Twiter) doang. Dan ternyata...... software untuk minimalisasi K-Map ada di internet dan ku temukan setelah lebih dari dua tahun jadi mantan mahasiswa.

So,,,disini aku kasih tau link software minimalisasi K-Map tersebut, siapa tau berguna untuk proses belajar bagi adik-adik siswa STM ataupun Mahasiswa jurusan Teknik Elektro untuk mempelajari K-Map.

Setidaknya aku menemukan paling sedikit ada dua Software minimalisasi K-Map. Software pertama dapat di download dan di instal di komputer dan yang kedua berupa software online.


1. Karnaugh Map Minimizer







2. Karnaugh Map Explorer 1.0











Selamat mencoba.... 

3 comments:

eko aris sucipto said...

kaka thanks ya hbis bca tulisan kaka say merasa terbantu , karna saya sedang menyusun PI n membutuhkan perhitungan dengan k map, semoga akan bnyak lagi tulisan berguna tentang elektro dari kaka,
thanks

Ikhwan said...

Thanks ya. Sy sangat terbantu dgn infonya. Soft ini akan sy gunakan tuk PR MK sy Digital System

Unknown said...

Tidak bisa di instal pada windows 7 64 bit

Post a Comment