Belajar PLC Allen Bradley Yuks...!!! (Bagian 2)

Posting terdahulu kita telah sama-sama tahu software apa saja yang dibutuhkan untuk belajar PLC Allen Bradley, terutama MicroLogix


Sudah mendownload file-file nya? ^^
Jika sudah silahkan di-instal terlebih dahulu. Bisa dari mana saja, mau RSLogix Micro Starter Lite, RSEmulate 500 atau RSLinx. Cara instal-nya mudah saja, hanya tinggal "next" dan "Agree" he3. Untuk RSLinx, biasanya anda akan diminta untuk meng-instal Microsoft .Net framework 1.1. Nah untuk RSLinx, anda dapat meng-instal-nya sembari menyeduh kopi atau teh terlebih dahulu he3, sebab diantara ketiganya, RSLinx membutuhkan waktu lebih lama.

Jika anda memiliki RSLogix 500, itu lebih baik lagi. Karena RSLogix Micro Starter Lite hanya menyediakan library hardware untuk MicroLogix, sedangkan RSLogix 500 menyediakan untuk MicroLogix dan SLC 500. Akan tetapi secara programming, belum ada masalah.

Baiklah...mari kita mulai membahasnya satu per satu (tentunya dibuat secara bersambung ^^).
Kita Mulai dengan RSLinx terlebih dahulu. 

RSLinx adalah software komunikasi yang digunakan oleh SLC500, MicroLogix dan produk Allen Bradley/Rockwell Automation lainnya seperti PLC5, ControlLogix, CompactLogix, Panel View, dll. Juga untuk dapat berkomunikasi dengan produk Rockwell Software lainnya seperti RSView32, Panel Bulider32 dan lainnya.

Untuk komunikasi di Allen Bradley sendiri kita bisa memilih mulai dari RS232 DF-1 (SLC500 dan MicroLogix memiliki port komunikasi jenis ini), DH485, Ethernet, ControlNet, dll. Akan tetapi, berhubung pada belajar kali ini kita akan mengkomunikasikannya dengan RSEmulate, maka kita akan melakukan konfigurasi RSLinx, agar RSLogix dapat berkomunikasi dengan RSEmulate 500.


Langkah pertama buka RSLinx Classic Lite












kemudian pada "communications" pilih "configure drivers". lalu akan muncul  window baru dan lakukan klik di pointer "avalaible driver type"













pilih "SLC 500 (DH485) Emulator driver", kemudian klik "Add New..." maka akan tampil window baru seperti terlihat pada gambar di bawah, dan klik "OK"












Akan tampil window berikutnya (lihat gambar di bawah), isikan nilai Station Number (pilih dari 0-31, default-nya "0") dan isikan juga Station Name (boleh dikosongkan). Lalu klik "OK"















Kita dapat melakukan konfigurasi untuk lebih dari satu komunikasi, misal kita bisa melakukan konfigurasi untuk komunikasi RS232 DF-1 dan SLC500 Emulator, atau RS232 DF-1 dan Ethernet.












Untuk mengetahui konfigurasi apa saja yang sudah dilakukan dan mengetahui PLC mana saja yang sedang berkomunikasi dengan PC, klik di "communications" lalu pilih "RSWho"


6 comments:

Anonymous said...

sy sudah menginstall satu paket software RSlogix 500 micro starter lite+RSLinx classic+RSemulator,,,

tp pada "avalaible driver type" di RS linx Classic Lite tidak ada pilihan "SLC 500 (DH485) Emulator driver".

bagaimana solusinya?

ELECTROMATION said...

Sebelumnya maaf kalau balasnya lama.
Wah begitu ya mas/mba ? downloadnya dari situs ABnya ya? berarti pakai RSLink Classic Lite V2.54.

Sebelumnya mau tanya, mas/mba instalnya di windows apa? sepertinya vista ya? Jika di vista, menurut keterangan dari release note di softwarenya maka beberapa fitur driver memang tidak bisa. Salah satunya adalah SLC 500 (DH485) Emulator driver

Unknown said...

Salam kenal dari saya Aul.

kalau Rsview fungsinya secara umum untuk apa ya mas?

thanks sebelumnya

ELECTROMATION said...

@Auliatul Rahmat : Maaf ya mas baru bales. Secara umum itu software untuk HMI (human machine interface). Fungsi HMI bahasa gampangnya kita bisa monitoring ataupun kontrol sebuah sistem dari perangkat seperti PC ataupun panel touch. :)

Anonymous said...

saya kok processor not support ya.apa yg salah ya

ROWELL ENGINEER said...

RSVIEW32 ALLEN BRADLEY SOFTWARE

CLICK SKIP AD

Post a Comment