Start/Stop Satu Tombol Dengan Zelio Logic Smart Relay

Sebelumnya mau cerita sedikit dulu ah tentang pengalaman saya dan Zelio. Gak apa-apa ya?


Dahulu kala ketika belajar PLC untuk pertama kalinya, saya dikenalkan pada Zelio (sebuah produk smart relay dari schneider). Produk ini menggunakan ZelioSoft sebagai software untuk programmingnya. Teman - teman saya menyebut Zelio atau varian dari smart relay lainnya (ada ZEN dari Omron dan LOGO dari Siemens) sebagai 'adiknya' PLC. Ya karena mereka mirip sekali seperti PLC, hanya saja di smart relay pada fitur di dalamnya hanya terdapat fungsi timer dan counter (selain fungsi logic lainnya seperti XIO, XIC dan OTE), sedangkan PLC bisa lebih dari itu (ada aritmatika, PID, dll). Perbedaan lainnya adalah karena bernama smart relay  maka operasinya hanya berupa input dan output digital, tidak ada analog (tetapi pada jenis Zelio tertentu terdapat input analog comparator 0-10VDC)

 

ZelioSoft pada waktu itu saya gunakan sebagai software untuk belajar logika ladder PLC, kenapa? karena ZelioSoft bisa di simulasikan tanpa harus terhubung dengan PLC (karena pada waktu itu saya belajarnya PLC Twido dari Schneider, dimana untuk mensimulasikan programmnya harus terhubung dengan hardware, dan pada saat itu saya tidak ada dana untuk membelinya hehehehe....)

Saya sendiri tidak mengikuti perkembangan Zelio dan ZelioSoft-nya. Sampai kemudian teringat akan Zelio beberapa waktu lalu, akhirnya saya cari kembali softwarenya melalui webnya schneider dan mendownload ZelioSoft2 V4.3.

Ketika mencobanya, saya menemukan sebuah fungsi yg unik, entah fungsi ini sudah lama atau tidak karena dulu gak begitu 'ngeh'

Dari fungsi itu akhirnya saya membuat sebuah ladder start/stop dengan satu tombol. Ini dia laddernya :

(Gambar 1)



Kemudian saatnya simulasi:

(Gambar 2)


(Gambar 3)


(Gambar 4)


(Gambar 5)


Pada Gambar 1, I1 ditekan maka M1 dan Q1 akan "ON", kemudian ketika I1 dilepas (Gambar 2), maka Q1 tetap ON.

Di Gambar 3 pada saat I1 ditekan (sebelum ditekan kondisi Q1 masih ON), maka M1 ON tetapi Q1 menjadi OFF. Begitupun setelah I1 release/dilepas, terlihat Q1 tetap dalam kondisi OFF.

Nah sederhana sekali kan?

Selamat mencoba

Maka nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan ?

9 comments:

hilman said...

ijin nulis di blognya kang tresna....:D
Beberapa bulan yang lalu juga saya ngoprek ini kang tresna, dimana saya nyoba
koneksi smart relay zelio telemaecanique ini, untuk terhubung ke opc, ternyata
smart relay ini support juga untuk jaringan modbus yaitu dengan nambah SR3MBU01BD
sehingga bisa koneksi OPC...jadi lumayan juga zelio ini buat aplikasi sederhana (logic)
tanpa harus menggunakan PLC... (keep posting kang..)

ELECTROMATION said...

@hilman = bagi-bagi dong oom ilmunya :D

hilman said...

wah..apa tdk terbalik nih...sy yang harus belajar banyak ke master nih...:D
Kapan mulai sharing2 plc tea tres?

Unknown said...

mohon bimbingannya pak.....
mengapa softwere zelio yang saya gunakan tidak bisa membuat perintah output,sementara perintah NS,NO bisa saya gunakan????
apakah ada yang salah dalam membuat perintah tersebut atau memang softwere zelio saya yang saya miliki bermasalah????

salam......

ELECTROMATION said...

@Mas Joko Jatmiko = maksudnya tidak bisa membuat perintah output bagaimana mas? perintahnya tidak ada atau hasil outputnya tidak muncul?

Unknown said...

makasih atas responnya pak.........
ternyata saya salah langkah dalam membuat perintah
output tersebut.
mohon bantuannya perintah apa yang harus saya pakai jika saya membuat program yang bekerja sebagai berikut:
1.jika I1 on maka Q1 akan on selama 2 detik dan of selama 5 detik.
2.proses ini berulang2 selama 3 kali proses.selanjutnya Q1 Off
dan Q2 ON.
3.jika I2 on maka proses flessing Q1 berhenti (batal)
4.jika I2 off proses flessing Q1 di ulang dari awal.
mohon bantuannya......

salam

Unknown said...

Terimakasih gan, Aku jadi tahu fungsi smart relay zelio. Sangat membantu

Anonymous said...

mas joko jatmiko mending pakai mikrokontroler, utk proses spt itu saya bisa buat pakai mikrokontroler harga mikrokontroler jauh lebih murah dari zelio.maaf ya mas electromation saya pakai blog nya cuma sekedar sharing

ELECTROMATION said...

santai mas/mbak Anon. Saya juga pengguna mikrokontroller. Urusan mau pake zelio atau mikrokontroller , itu tergantung kebutuhan,selera dan biaya :D

Post a Comment