Ladder Logic untuk mikrokontroler PIC dan AVR

Teringat sewaktu pertama kali belajar PLC . Dulu belajarnya ikut training di PLC Traiing Center Universitas Kristen Maranatha, PLC yang digunakan adalah Twido dari Schneider. Dalam sesi training tersebut sang trainer bercerita, bahwa ada seorang mahasiswa peserta training yang sedang melakukan Tugas Akhir membuat sebuah otomatisasi sistem. Sang Mahasiswa tersebut menggunakan mikrokontroler sebagai controllernya. Yang menjadi problem adalah sang mahasiswa lebih familiar menggunakan ladder logic ketimbang bahasa assembler (waktu itu masih sedikit buku yang membahas mikrokontroller menggunakan bahasa C atau basic). Akhirnya masalah teratasi dengan sangat cerdik oleh sang mahasiswa. Mahasiswa tersebut membuat logika programnya menggunakan ladder logic, lalu meng-compile-nya menjadi Statement List (STL) atau Instruction List (IL) dimana STL atau IL memiliki konsep mirip seperti assembler, tentunya beda syntax.



Tetapi untuk saat ini,,,,,,,kita tidak perlu repot lagi menerjemahkan logika STL/IL yang kita buat dan mengubahnya menjadi bahasa assembler atau C. Karena sudah ada software yang mengcompile dari Ladder logic untuk kemudian berubah menjadi file dengan extention .hex. Bukankah file dengan extention .hex yang kita download ke mikrokontroller?

Nama software tersebut adalah LDmicro. Dapat dilihat di sini. Pertama kali tau tentang ini, dibahas disebuah buku yang membahas tentang merakit PLC dengan mikrokontroller.


LDmicro hanya dapat diaplikasikan untuk jenis mikrokontroler PIC dan AVR. Kelebihannya adalah, kita mensimulasikan logika ladder yang kita buat terlebih dahulu dan itu artinya,,,,, LDmicro bisa juga digunakan sebagai simulator untuk belajar PLC. minimalnya logikanya dulu ^^

tampilan LDmicro

3 comments:

Nizar Alamsyah said...

siang mas, salam kenal. ane juga pernah buat kontrol pake pic trus programnya pake ladder diagram ini. simple tapi mantep. kira2 ada versi barunya ngga ya? ane dah bikin sejak 3 tahun yang lalu he he he

ELECTROMATION said...

Salam kenal juga Mas Nizar. Wah saya juga belum update lagi tuh. Ini juga masih pake tipe yang lama kayaknya :D

Anonymous said...

mas admin.. salam kenal. saya baru pertama kali menggunakan LDmikro ini. jadi masih bingung bagaimana bentuk bahasa LDmikro ini dalam bentuk bahasa asembly.krn untuk bahan" tugas akhir mas. kira" ada ga referensinya mas?

Post a Comment